Tambah Kompresi Honda Tiger? Pakai Piston Megapro

detail berita

JAKARTA – Pengguna Honda Tiger biasanya mengeluh pada top-speed tunggangan yang dianggap pas-pasan untuk ukuran motor laki. Masalah ini bukan tanpa solusi, tanpa harus menobrak-abrik dapur pacu si Macan. Kompresi Tiger baik lansiran lawas atau Revo bisa diakali dengan mengganti piston milik adiknya, Honda Megapro.

Pasalnya, motor dengan silinder 160cc itu memiliki kepada piston yang menonjol “Orang bilang kepala piston Megapro jenong. Bahasa mesinnya dome-nya lebih tinggi Megapro daripaa Tiger,” jelas Mahali mekanik Toli Motor di bilangan Cimanggis, Depok. Dengan dome yang lebih tinggi dari piston Megapro, dianggap bisa menaikan kompresi motor dan imbasnya akselerasi yang jauh lebih bagus. Tarikan Macan 2000 ini bisa lebih padat. Piston milik Honda Megapro, punya diameter yang sama dengan Tiger. Tapi langkah lebih panjang Tiger. Transmisi Tiger juga lebih banyak, dimana Tiger enam percepatan, sementara Megapro hanya lima. Hanya piston perlu sedikit dipapas agar tidak mentok dengan klep “Harus dibuang sekitar 0,5mm, biar enggak mentok ke klep. Boring tidak akan berubah, piston bisa langsung ngeplak.

Tapi, bila sudah menggunakan piston anyar, jangan langsung gas poll. “Ini harus inreyen, mesin jangan dikasih putaran RPM tinggi. Maksimal 4000 rpm, baru klepnya disetel .
(zwr)

http://autos.okezone.com/read/2011/08/03/53/487643/tambah-kompresi-honda-tiger-pakai-piston-megapro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s